May 10, 2017

Tujuan Hidup Pribadi dan Cara Mencapai Hal itu

menentukan tujuan hidup pribadi


Pernahkah kita hilang arah, tidak tahu apa yang harus kita lakukan yang akhirnya berujung kepada bertanya kepada diri sendiri, mengapa kita tidak melakukan apa-apa? jika kita mengalami hal demikian itu dikarenakan kita tidak punya tujuan hidup yang kita atur untuk masa depan, hingga berakhir tidak ada motivasi hidup.

Mari melihat sejenak bagaimana kita mengatur tujuan hidup pribadi kita.


Para motivator dunia terbiasa untuk memberikan 5 kriteria untuk menentukan tujuan hidup, mereka menyingkat kriteria itu menjadi SMART yang artinya adalah :

Spesific. Tujuan hidup yang ditentukan oleh kita harus lah spesifik, mendetail, tidak sesuatu yang luas, seperti contohnya adalah, kita memiliki tujuan hidup menjadi orang sukses, tujuan ini masih sangat luas dan tidak spesifik, maka tentunya kita harus mendetilkan kembali tujuan hidup tersebut.

Measurable. Terukur artinya tujuan hidup harus dapat terjangkau melalui tahapan yang diperkirakan oleh diri kita, sebagai contoh adalah kita ingin menjadi guru dengan manfaat terbesar di Indonesia, langkah-langkah untuk mencapai kesana dimulai dari menjadi guru profesional, ikut komunitas-komunitas guru, dan merubah sistem pendidikan yang mendukung tumbuh kembang peserta didik.

Attainable. Bisa dicapai, tujuan hidup yang kita tentukan harus bisa dicapai atau tidak mustahil untuk kita lakukan, seperti halnya menjadi dokter atau menjadi orang nomor satu di negara Indonesia, memiliki tujuan hidup menjadi monster atau pergi ke matahari itu adalah sesuatu yang dinilai tidak mungkin dan tidak bisa dicapai, maka tujuan hidup seperti itu tidak lah bagus untuk diambil.

Relevant. Membuat tujuan hidup yang relevant atau bersangkutan dengan hidup mu, bersangkut paut untuk diwujudkan dalam hidup.

Time Bound, Terbatasi oleh waktu, kalian membuat tujuan hidup dengan spesifik, measurable, attainable, dan relevant juga kurang, perlu batas waktu untuk menentukan apakah diri kita pada waktu tersebut telah sukses mencapat satu persatu tujuan hidup yang ditentukan. ini penting sebagai tolak ukur kita dalam keberhasilan.

Mengapa Kita Harus Menentukan Tujuan Hidup Kita?


Apa yang menjadi pembeda antara diri kita dengan orang sukses pada saat ini? Mereka memiliki motivasi besar untuk mendapatkan apa yang mereka dapatkan sekarang ini, motivasi yang memberi mereka dorongan untuk mencapai apa yang dia dapat hari ini.

Beberapa orang tidak memiliki kepercayaan diri untuk berkembang di tengah masyarakat, mengapa demikian? tanyakan kepada mereka tentang satu hal, apakah mereka memiliki tujuan hidup seperti kriteria diatas? saya yakinkan, mereka tidak memiliki hal tersebut, mereka terkadang tidak tahu bagaimana mencapai targetan mereka yang akhirnya mereka tidak memiliki kepercayaan diri untuk menjalani hidup.


Poin Penting Dalam Mencapai Tujuan Hidup:


  • Tentukan apa yang harus kamu dapatkan selama kamu hidup.
  • Pisahkan hal-hal yang penting, tidak penting dan mengganggu.
  • Teruslah untuk memotivasi diri.
  • Paculah dirimu dengan capaian yang telah kamu dapatkan.