May 9, 2017

Cara Mengatur Keuangan Untuk Bisnis Kecil

mengatur keuangan bisnis kecil


Jika kamu adalah pemilik bisnis kecil dan menengah, menjadi penting mengatur keuangan bisnis anda agar tidak terjadi kebangkrutan kepada bisnis anda, pahami juga bahwa jumlah pembeli yang besar bukan satu-satunya jalan agar hidup usaha anda akan terus lancar, selain dari pembeli yang banyak, namun mengatur keuangan juga penting.

Manfaat Mengatur Keuangan untuk Bisnis Kecil.


Seperti pada paragraf awal, pada umumnya para pembisnis kecil mengejar penjualan yang brutal, tanpa melihat seberapa banyak dia mengeluarkan biaya, hingga akhirnya mereka mati karena lupa untuk mengatur keuangan mereka.

Dari sini terlihat seberapa pentingnya mengatur keuangan untuk bisnis kecil, maka dari itu mari kita mengulas manfaat manjemen keuangan untuk bisnis kecil:

merapikan anggaran keuangan.


Membuat anggaran keuangan untuk bisnis kecil diperlukan agar segala pengeluaran dapat terhitung dengan rapi, tidak ada pemberosan yang terjadi pada bisnis kecil anda.

meminimalisir kerugian akibat pemborosan.


Hati-hati dengan pemborosan yang terjadi pada bisnis kecil anda, seperti membeli makan secara berlebihan pada saat anda melakukan aktivitas bisnis sehingga mengambil uang dari keuntungan bisnis anda, padahal hal-hal kecil seperti ini lah yang membuat kita merugi dan tak merasakan untung secara full.

Membantu Membedakan Harta Sendiri dan Usaha.


Kepemilikan diri sendiri dan usaha yang tercampur akan mengakibatkan keuangan usaha anda buruk, mengapa bisa terjadi demikian? karena ketika anda mempunyai uang di tangan maka anda akan lebih mudah untuk menghabiskannya, ditambah uang bisnis anda lebih besar yang akan mengakibatkan anda akan mudah untuk membuang-buang uang anda.

Mengelola Uang untuk Bisnis Kecil Dengan Baik.


1. Mulai Dengan Membuat Anggaran.


Cobalah untuk serius mengatur bisnis kecil anda dengan membuat anggaran, anda bisa lihat sendiri, apa yang membuat bisnis besar itu semakin besar? itu karena mereka mengorganisir bisnis mereka dengan baik, membuat penganggaran se-efesien mungkin sehingga setiap capaian yang mereka rancang tercapai.

Lacak setiap pengeluaran dari anggaran yang dibuat oleh anda, itu berguna agar tidak buta setelah anda membuat anggaran, dan sesuai dengan keinginan anda untuk perkembangan bisnis kecil anda.

2. Tabung Setiap Penghasilan.


Ketika kamu memiliki anggaran yang cukup untuk membantu perkembangan bisnis kecil anda, salah satu hal penting setelah membuat budget adalah fokus untuk menabung uang anda untuk keperluan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis anda. 

Kita tidak membicarakan bagaimana uang anda dikumpulkan dan dikonsumsi untuk anda, tapi kita berbicara tentang bagaimana uang yang anda hasilkan digunakan dengan cerdas, uang yang hilang begitu saja karena kita gunakan untuk hal-hal tidak berarti harus kita kembalikan dengan kembali bekerja.

3. Pekerjakan Seorang yang Ahli.


Seorang yang bijak mengatakan "berilah tanggung jawab kepada ahlinya, jika tidak tunggu saja kehancurannya" ini berlaku untuk bisnis anda, kita menyarankan anda mencari orang yang ahli untuk mengatur keuangan, ini juga dapat membatasi kepemilikan anda dengan uang-uang bisnis anda.

Tidak berarti anda harus mencari seorang ahli keuangan layaknya bisnis besar, anda dapat mencari teman yang pandai mengatur keuangan dan ajak untuk mengatur bisnis anda bersama dia, disamping lebih murah, namun juga dapat dikontrol lebih baik dari pada harus memperkerjakan orang lain.

4. Buatlah Strategi Arus Keuangan.


Membuat Strategi yang baik untuk menghadapi bisnis anda yang tidak terprediksi keadaannya di masa depan, seperti pada saat bisnis anda mengalami kelesuan, disana strategi keuangan akan berperan untuk mempertahankan bisnis anda untuk bertahan hidup.

Jangan pernah berfikir bisnis anda tidak akan mengalami kegagalan dan terus mengalami peningkatan pemasukan, semakin besar bisnis akan semakin banyak masalah yang akan dihadapi oleh bisnis tersebut, seperti contohnya adalah plagiasi dan pemalsuan produk.

Bisnis memang tentang bagaimana anda menjual produk anda kepada masyarakat luas, namun ingat juga bahwa tidak ada artinya jika anda tidak dapat berkembang dan mempertahankan bisnis anda